Harga Lukisan Mona Lisa Versi Pria Dibandrol Harga Fantastis

ArmaniQQ'
ArmaniQQ'

Harga Lukisan Mona Lisa Versi Pria Dibandrol Harga Fantastis

Harga Lukisan Mona Lisa Versi Pria Dibandrol Harga Fantastis

Harga Lukisan Mona Lisa Versi Pria Dibandrol Harga Fantastis

Bicara soal Leonardo da Vinci tak hanya sekedar Mona Lisa. Ada begitu banyak hasil karya dari jemari-jemarinya. Salah satu lukisan karya pria berkebangsaan Italia itu kini tengah menjadi pemberitaan.

‘Salvator Mundi’ adalah hasil karya da Vinci yang berhasil dilelang dengan harga yang begitu bombastis. Lukisan yang menggambarkan sosok Yesus tersebut terjual dengan harga US$ 450,3 juta atau setara dengan Rp 6 triliun.

Dilansir dari situs CNN, Kamis (16/11/2017), lukisan yang terjual di rumah lelang bernama Christie’s New York tersebut pertama kali dibuat oleh da Vinci pada abad ke-15.

‘Salvator Mundi’ adalah salah satu dari 20 karya otentik milik pelukis terkenal itu. Disebut-sebut sebagai ‘Mona Lisa pria’.

Pada mulanya, lukisan ini diprediksi hanya akan terjual lebih dari US$ 100 juta.

“Ini adalah lukisan suci sang Old Master, beberapa orang menyebutnya Mona Lisa laki-laki,”kata Francois de Poortere, kepala departemen Old Masters di Christie’s sebelum lelang dibuka beberapa waktu lalu.

Old Masters merujuk pada para pelukis hebat di Abad ke-13 hingga 17 di Eropa.

Namun, penjualan ini melampaui rekor. Seorang penawar membeli ‘Salvator Mundi’ dengan harga Rp 6 triliun, 20 menit setelah penawaran dibuka.

Dengan nominal tersebut, ‘Salvator Mundi’ berhasil memuncaki rekor yang sebelumnya dipegang oleh lukisan berjudul ‘Les Femmes d’Alger’ karya Pablo Picasso — yang kala itu dijual dengan harga US$ 179,4 juta atau setara dengan Rp 2,4 triliun pada tahun 2015.

Meski dianggap kurang detail seperti ‘Mona Lisa’, lukisan ‘Salvator Mundi’ memang menarik perhatian banyak pengunjung selama pertunjukan pra-lelang yang berlangsung di London, Hong Kong dan San Francisco.

Lukisan tersebut menggambarkan sosok Yesus Kristus dalam balutan pakaian Renaisans dengan satu tangan diangkat (menunjukkan berkat) dan satu tangan lainnya memegang bola kristal.

Pertama kali, lukisan ‘Salvator Mundi’ dibuat oleh da Vinci untuk Louis XII dari Prancis.

Kemudian, lukisan tersebut berpindah tangan ke Chales I di Inggris. Pada Abad ke-18 lukisan tersebut dikabarkan hilang.

Sebelum jatuh ke tangan pembeli yang tak disebutkan identitasnya tersebut, pemilik lukisan itu bernama Dmitry Rybolovlev.

Ia adalah seorang pengusaha asal Rusia yang membeli ‘Salvator Mundi’ pada tahun 2013 dengan harga US$ 127,5 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ujiseo © 2017 Frontier Theme