Rahasia Dibalik Harga Murah Ice Cream AICE

ArmaniQQ'
ArmaniQQ'

Rahasia Dibalik Harga Murah Ice Cream AICE

Siapa yang tidak mengenal nama es krim yang satu ini. Aice, produk unggulan dari PT Alpen Food Industry ini berhasil memikat hati para konsumen berkat harganya yang murah dibandingkan kompetirornya. Namun siapa yang menyangka jika dibalik manis dan murahnya es krim tersebut terdapat cerita pilu dari para pekerja pabrik yang sehari-hari memproduksi es krim Aice?

Menurut data yang kami himpun dari laman Tirto, tercatat PT. AFI memiliki karyawan sekitar 1.233. 644 karyawananya melakukan mogok kerja di awal bulan November dikarenakan pihak perusahaan dituding mengabaikan hak-hak karyawan. Jumlah karyawan yang protes pun terus bertambah. Beragam borok dari perusahaan es krim Aice pun perlahan mengemuka ke publik melalui mulut para buruh dan juga mantan pekerja PT. AFI.

Agus, seorang mantan pekerja PT. AFI yang mengurus bidang logistik mengatakan jka ia tidak mendapatkan surat kontrak ketika bekerja. Selain itu, gajinya pun dibawah UMR yang seharusnya Rp. 3,3 juta menjadi Rp. 2,7 juta. Ia sempat membangun relasi bersama dengan para ratusan buruh lainnya yang memiliki nasib sama. Namun sayangnya, di awal bulan Agustus 2017 ia di pecat oleh perusahaan.

Selain kontrak kerja yang tak jelas, para pekerja di PT. AFI juga sering mendapat pekerjaan tambahan. Pekerjaan tersebut terjadi ketika PT AFI ingin memperluas areal pabriknya pada tahun 2017 silam. Para pekerja tersebut ditugaskan menjadi seorang kuli bangunan dengan bayaran Rp. 50 ribu per harinya.

Tidak sampai disitu, resiko pekerjaan yang dialami para pekerja pun sangat tinggi. Zaenal dan Heti, dua orang pekerja di Aice mengaku mengalami gangguan kesehatan bronkitis. Menurut dokter, keduanya mengidap penyakit tersebut karena pipa pendingin es krim yang berbahan amonia bocor dan terhirup. Zat tersebut sangat berbahaya jika bertahan lebih dalam satu minggu di dalam sebuah ruangan.

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan jika PT. AFI mengorbankan hak-hak para pekerjanya sehingga es krim pun bisa dijual dengan harga murah dan disukai masyarakat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ujiseo © 2017 Frontier Theme