72 Orang Jadi Korban Ambrolnya Mezanin Gedung BEI

ArmaniQQ'
ArmaniQQ'

72 Orang Jadi Korban Ambrolnya Mezanin Gedung BEI

Polisi: 72 Orang Jadi Korban Ambrolnya Mezanin Gedung BEI

Polisi: 72 Orang Jadi Korban Ambrolnya Mezanin Gedung BEI

Sebanyak 72 orang menjadi korban akibat robohnya selasar tower II Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan. Puluhan korban tersebut telah dievakuasi ke beberapa rumah sakit.

“Sementara 72 orang luka dirawat, di RSAL Mintoharjo 15 orang, RS MRCCC 30 orang, RSPP Pertamina 7 orang, dan RS Jakarta 20 orang,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada Kompas.com, Senin (15/1/2018).

Argo mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.55 WIB. Saat itu tengah ada kunjungan dari sejumlah mahasiswa.

“Pada saat para saksi sedang bekerja dan saksi berada di lobi. Ada kunjungan beberapa mahasiswa di BEI.”

“Tiba-tiba terdengar suara kencang dari dalam tower 2. Setelah dicek ternyata lantai 1 tower 2 roboh. Saksi melihat beberapa korban sudah jatuh,” kata Argo.

Menurut Argo, pasca-robohnya selasar tersebut, alarm gedung langsung berbunyi. Petugas pengamanan gedung langsung berdatangan untuk mengevakuasi korban.

Pihak kepolisian tengah mencari penyebab robohnya mezanin Tower II Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Tim Pusat Laboratorium Forensik Polri pun diterjunkan untuk menganalisis bangunan itu.

“Saya belum bisa memberi keterangan yang pasti karena besok Puslabfor masih akan menguji lagi penelitian terkait dengan kemungkinan penyebabnya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung BEI, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

Setyo enggan berandai-andai mengenai adanya kelalaian sehingga menyebabkan mezanin di gedung tersebut roboh. Menurut Setyo hal tersebut perlu dibuktikan dari hasil uji Labfor.

“Nanti kami lihat, kami belum bisa memastikan seperti itu (adanya unsur kelalaian). Terlalu sumir kalau mengatakan itu,” ucap dia.

Setyo mengatakan, jika terbukti ada kelalaian, pihak-pihak yang bertanggungjawab bisa dikenakan sanksi pidana. Saat ini penyidik masih melakukan penyelidikan.

“Kami masih melakukan penyelidikan. Itu kan mengumpulkan semua bahan keterangan. Setelah itu kami cek apa memenuhi unsur pidana, kalau memenuhi ya kami masukkan ke dalam kasus pidana,” kata Setyo.

Mezanin di Tower II Gedung BEI roboh pada Senin sekitar pukul 12.00 WIB. Akibat robohnya bangunan tersebut 77 orang mengalami luka-luka.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ujiseo © 2017 Frontier Theme