Polemik Gatot Akan Diusung Pada Pilpres 2019

ArmaniQQ'
ArmaniQQ'

Polemik Gatot Akan Diusung Pada Pilpres 2019

Polemik Gatot Akan Diusung Pada Pilpres 2019

Polemik Gatot Akan Diusung Pada Pilpres 2019

Dihubungi secara terpisah, pengamat militer Corrie Rahakundini Bakrie juga mengkhawatirkan keterlambatan AS untuk merespons tuntutan pemerintah Indonesia itu akan dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok politik untuk kepentingan Pemilu Pilpres 2019.

“Kita tahu Pak Gatot (Panglima TNI) sedang diusung-usung untuk menjadi wapres atau presiden. Nah, pengusungnya ini memakai momentum ini,” kata Corrie.

Corrie merujuk pada pemasangan spanduk dan poster di sejumlah ruas jalan di Jakarta yang terlihat menggunakan sentimen anti-Amerika Serikat. “Situasi seperti ini enggak akan bagus untuk hubungan Indonesia-AS,” katanya.

Lebih lanjut Corrie menganalisis, sebelum ada kejelasan tentang insiden itu, berbagai spekulasi politik akan menyebar di masyarakat, misalnya ada yang mengaitkan insiden itu dengan upaya orang-orang untuk mengusung Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden atau wapres mendatang.

“Jadi akhirnya orang-orang berpikir jauh kemana-mana, apalagi ini menjelang tahun politik 2019,” kata Corrie.

Untuk itulah, Corrie Rahakundini dan Philips Vermonte meminta agar pemerintah AS segera memberikan penjelasan atau pengakuan tentang insiden yang menimpa Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

“Kalau Kedubes AS (di Jakarta) tidak mengklarifikasi apa yang terjadi, itu tidak akan menolong situasi politik Indonesia yang mulai menghangat (menjelang Pilpres 2019). Dan situasi akan lebih rumit, kalau tidak diklarifikasi lebih cepat,” papar Philips.

Dan, apabila AS menolak menjelaskan insiden ini, Corrie mengkhawatirkan “isu-isu ini akan diangkat dan akan menjadi gerakan politik. Ini yang tidak baik.”

Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menyatakan “siap memfasilitasi” kepergian Panglima TNI Gatot Nurmantyo ke AS.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ujiseo © 2017 Frontier Theme